Resep Nasi Uduk Betawi

Friday, March 20th 2015. | Masakan Indonesia

Beras adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Biasanya beras akan dimasakan menjadi nasi biasa saja. Nasi biasanya dimakan bersama dengan berbagai lauk lainnya agar terasa lebih lezat. Selain dimasakn begitu saja, beras juga bisa dimasak menjadi varian nasi lainnya seperti nasi kuning atau nasi uduk. Nasi uduk sendiri merupakan masakan khas dari betawi. Nasi ini dimasak dengan campuran santan dan juga rempah-rempah lainnya sehingga memiliki rasa yang gurih dan aroma yang lebih harum. Biasanya di pagi hari banyak orang yang menjual nasi uduk sebagai menu sarapan. Cara membuat nasi uduk sebenarnya tidaklah begitu sulit dan tidak jauh berbeda seperti kita memasak nasi biasanya. Kami akan memberikan resep nasi uduk betawi untuk anda yang ingin membuatnya sendiri.

resep nasi uduk
Bahan:
500 gram beras putih, cuci bersih
600 ml santan kelapa
2 lembar daun salam
2 sendok teh garam
2 butir cengkeh
2 batang serai, memarkan

Cara membuat nasi uduk:

  • Pertama-tama, didihkan dahulu santan kelapa bersama dengan daun salam, garam, cengkeh dan serai.
  • Setelah mendidih, masukkan beras yang sudah dicuci bersih dan masak hingga santan terserap seluruhnya ke dalam nasi, kemudian angkat. Nasi yang setengah matang seperti ini biasa disebut nasi aron.
  • Kemudian kita harus melanjutkan memasak nasi aron dengan cara mengukusnya agar menjadi nasi.
  • Siapkan kukusan, lalu kukus selama kurang lebih 20 menit hingga nasi matang.
  • Nasi uduk betawi siap disajikan.

Kami sengaja hanya memberikan resep nasi uduk betawi saja agar anda dapat berkreasi sendiri dengan lauk-lauk yang anda suka. Lauk yang sering menjadi teman makan nasi uduk adalah orek tempe kering, bihun, ikan goreng, ayam goreng, lalapan dan yang paling tidak boleh ketinggalan adalah sambalnya. Biasanya nasi uduk menggunakan sambal kacang yang pedas. Terima kasih sudah membaca resep di dapurasik.com dan semoga apa yang kami bagikan di sini dapat bemanfaat untuk anda semua.

tags: , , , ,