Resep Schotel Jamur Nikmat dan Sehat

Wednesday, December 24th 2014. | Masakan Luar

Schotel adalah salah satu masakan khas eropa. Masakan ini diperkenalkan di Indonesia oleh bangsa belanda pada masa penjajahan. Jadi dapat dikatakan masakan ini adalah warisan dari mantan penjajah kita. Schotel biasanya menggunakan makaroni sebagai bahan utamanya. Namun kali ini, dapur asik akan membagikan resep schotel jamur nikmat dan sehat untuk para pembaca semuanya. Schotel ini rasanya tidak kalah enak dengan schotel makaroni dan juga lebih bergizi karena menggunakan jamur. Langsung saja simak resep cara membuatnya di bawah ini.

resep schotel jamur
Bahan 1:
200 g kentang, potong dadu
3 butir putih telur, kocok lepas
100 ml susu skim cair
1 sdt merica bubuk
½ sdm mentega
Garam secukupnya

Bahan 2:
200 g jamur kancing, potong besar-besar
100 g daging ayam cincang
100 g kacang polong
250 ml susu cair
3 sdm tepung terigu
2 butir putih telur, kocok lepas
½ buah bawang bombay, iris tipis

Cara membuat schotel jamur:

  • Pertama-tama, kita olah dulu bahan 2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan untuk menumis. Kemudian tumis bawang bombang hingga layu dan harum. Setelah itu, masukkan daging ayam cincang dan masak hingga setengah matang.
  • Lalu masukkan jamur dan kacang polong. Kemudian tambahkan tepung terigu, susu cair dan putih telur. Masak hingga matang dan mengental. Angkat dan sisihkan.
  • Sekarang campurkan 3 butir putih telur, susu skim, merica dan garam. Aduk hingga rata.
  • Siapkan loyang, olesi dengan mentega hingga rata agar tidak lengket. Susun kentang di dalam loyang, lalu masukan semua bahan yang telah diolah. Tutup bagian atasnya dengan alumunium foil.
  • Panaskan oven, kemudian panggang selama setengah jam atau hingga schotel berwarna kuning kecoklatan.
  • Schotel siap disajikan.

Makanan ini cocok sekali untuk sarapan, karenan mengandung banyak nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan kita untuk bekerja. Demikianlah resep schotel jamur yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga resep ini dapat bermanfaat bagi semua pembacanya. Terima kasih telah berkunjung ke Dapur Asik.

tags: , ,